Senin, 20 Desember 2010

Pesona Wisata Air Terjun Benang Stokel

Benang Stokel adalah sebuah objek wisata air terjun yang terletak hampir 27 kilometer dari kota Mataram ke arah timur. Sejak dibuka, kawasan wisata ini mulai ramai dikunjungi masyarakat dari seantero Lombok, termasuk di antaranya wisatawan asing yang terpesona dengan kemolekan kawasan wisata tersebut. Bagi yang percaya bahwa air terjun tersebut konon memiliki khasiat, maka kesempatan melihat dari dekat tentu saja tidak disia-siakan.

Memasuki kawasan ini, pengunjung akan terhanyut oleh suasana sejuk, teduh dan menenangkan. Suasana yang sanggup menghilangkan penat di kepala akibat belenggu rutinitas harian yang menjemukan dan membuat stres. Suara alam yang berbaur menjadi satu menjanjikan suguhan yang lain dari sekedar wisata.

Pesona air terjun Benang Stokel memang unik dan menarik. Tingkatan air yang dimiliki merupakan perlambang nuansa alami yang mampu mengundang kesakralan bagi para pengunjungnya. Urutan air terjun pertama (paling atas) oleh masyarakat disebut Kelambu. Pada tingkatan kedua terdapat tiga air terjun berderet. Di bawahnya ada air terjun yang mengalir jauh hingga sampai di Kokoq (sungai) Babak, Lombok Barat.

Ada cerita unik di balik kecantikan Benang Stokel. Konon, jalur Benang Stokel - Gunung Rinjani sering digunakan oleh orang-orang sakti untuk mencari berkah ke Gunung Rinjani, yang hingga saat ini, kebiasaan tersebut masih sering dilakukan oleh warga setempat. Jalur penanjakan ke Gunung Rinjani biasanya ditempuh melalui kawasan Sambelia atau Senaru, namun menurut beberapa orang, jalur Benang Stokel dinilai memiliki jarak tempuh yang lebih pendek dibandingkan dengan kedua jalur biasa tersebut.

Selain objek wisata air tejun, Benang Stokel juga memiliki potensi sebagai penghasil buah-buahan. Kawasan di bagian utara ini juga direncanakan menjadi salah satu daerah agrowisata dan ekowisata yang mengedepankan tanaman kopi yang banyak tumbuh dan berkembang di daerah ini. Bahkan kawasan ini diproyeksikan menjadi kebun buah terbesar di indonesia Timur.

Untuk menggali dan menarik minat wisatawan berkunjung ke kawasan Benang Stokel ini, pihak pemkab Lombok Tengah melalui Dinas Pariwisata telah memasarkan objek ini sebagai salah satu paket tujuan wisata yang dikemas sedemikian rupa

Setiap tahun tempat ini dikunjungi oleh ribuan wisatawan baik DOMESTIK maupun MANCANEGARA karena tempatnya yang sangat asri dengan hutan lebat dan dikelilingi oleh kebun coklat dan kopi membuat tempat ini sangat indah untuk dikunjungi.

Bagi anda yang suka dengan wisata petualangan, dari tempat ini bisa mendaki ke Gunung Rinjani hanya menempuh perjalanan sekitar 8 jam, ditengah perjalanan anda akan menemukan sebuah tempat dengan ketinggian sekitar 1500 meter diatas permukaan laut anda dengan leluasa bisa menikmati pemandangan yang sangat menakjubkan. Disini anda bisa beristirahat sejenak untuk menghilangkan penat selama perjalanan. Bila anda mendaki melalui jalur ini, banyak sekali ditemukan mata air yang masih alami dan anda juga bisa menemukan beberapa jenis FLORA maupun FAUNA seperti : Rusa, Lutung, Anggrek dll.
Info wisata menarik lainnya.



1 komentar:

Unknown mengatakan...

Bagus banget gan artikelnya, semoga tempat wisata indonesia makin maju

Posting Komentar

 
informasi tempat wisata di lombok indonesia