Minggu, 27 Februari 2011

Berkunjung Ke Kampung Sade Yang Primitiv

Merupakan kesempatan satu-satu nya bagi saya bisa berkunjung di Kampung Sade, Kabupaten Lombok Tengah. Perlu diketahui, di pulau lombok Sendiri tinggal 3 desa primitiv yang masih ada dan utuh yang masih dipelihara dan dipertahankan oleh pemerintah setempat.Merupakan kesempatan satu-satu nya bagi saya bisa berkunjung di Kampung Sade, Kabupaten Lombok Tengah.

Perlu diketahui, di pulau lombok Sendiri tinggal 3 desa primitiv yang masih bertahan dan utuh dari dunia luar dan dari kemajuan teknologi, globalisasi , dan merupakan desa yang masih dipelihara dan dipertahankan oleh pemerintah Setempat. Perjalanan dari kota Mataram dengan kendaraan sepedamotor memakan waktu sekitar 2 jam.
Apa saja yang menarik di Desa sade Ini ??? berikut deskripsi nya :

Setelah kamu masuk pintu gerbang menuju kampung sade, kamu di sambut dengan guide-guide dari desa sade yang siap mengajak kami keliling desa dan menjelaskan keunikan- keunikan desa tersebut.

Di desa sade ada satu hal yang paling unik, yaitu dari segi bangunan rumah, karena : disetiap rumah di kampung sade, semua bagian rumah di olesi dengan “TAI KEBO” atau dalam bahasa indonesia “kotoran kerbau” , mulai dari pondasi bangunan, dinding dsb semuanya diolesi tai kebo setiap seminggu sekali.. ini merupakan adat suku setempat, yang mempunyai arti bahwa kerbau merupakan alat untuk kegiatan pekerjaan penduduk yang digunakan sehari-hari di sawah maupun ladang, sehingga untuk menghormatinya, digunakan kotorannya lah sebagai penghormatan.

Disini terdapat banyak sekali kerajinan- kerajinan yang unik, semisal :

a. Pernak- pernik berupa manik-manik, seperti kalung-kalung, gelangm cincin dsb

b. Dijual berbagai macam baju-baju khas daerah sade, yang di rajut dan di tenun sendiri

c. Berbagai macam kain tenun asli dan songket asli kerajinan desa sade, seperti sarung, taplak meja, kebaya dll. Saya sendiri pun membeli 2 helai sarung yaitu berwarna hitam ( bahan dari kapas asli dan pewarnaan direndam dengan arang ) dan warna kuning yang pewarnaannya dari kunyit.Dalam proses pewarnaan dan penenunan sarung-sarung ini,membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 3 bulan, “cukup lama bukan”.. Bagaimana dengan harga sarung ini, ya mereka menawarkan kepada saya dengan hari 150 dase , baca ” satus seket dase” ( bahasa sasak) dengan arti 150 ribu rupiah. Lumayan harga yang mahal. Jika anda ingin dengan harga yang terjangkau, anda bisa mengajak kenalan anda yang asli orang sasak yang tinggal di daerah laen, sehingga bisa menawar dengan bahasa sasak.
Wisata Lain Di Indonesia


2 komentar:

AGUNG LESMANA mengatakan...

TOKO ASIA ELEKTRONIK
MenawarKan Produk asli dan bergaransi :

Harga Promo Stok barang terbatas ALAMAT TOKO.
ITC Roxy Mas LT 3 No 110C
Roxy Mas Lt 3 Blok A38-39,HP.
HUB:0853-9742-4266
Hasyim Ashari Jakarta Pusat
Kami Melayani pengiriman di seluruh indonesia melalui via TIKI/JNE
BlackBerry Q5 - White | BlackBerry 10 OS, 3.1 inch, Dual Camera 5 MP + 2 MP
RP.2.050.000
BlackBerry Z10 - Black | BlackBerry 10 OS, Layar 4.2 inch, Dual Camera 8 MP + 2 MP Rp.2.300.000
BlackBerry Curve 9220 Davis - Pink | BlackBerry OS 7.1, Prosesor 800 Mhz, Camera 2 MP Rp.7500.000
BlackBerry Porsche Design P'9981 - Black (LIMITED EDITION) Rp.12.250.000
BlackBerry Q10 - Black | BlackBerry 10 OS, Layar 3.1 inch, Dual Camera 8 MP + 2 MP Rp.3.650.000
Samsung Galaxy Tab 3 (8.0) - White | Android Jelly Bean, 3G+WiFi, Call+SMS, Dual Core, 16 GB
Rp 2.449.000

Samsung Galaxy Note 8.0 - White | Quad-core 1.6 GHz Cortex-A9, Android v4.1 Jelly Bean, Layar 8 inch, Dual Camera 5 MP + 1.3 MP

Rp 2.650.000
Samsung Galaxy Tab 3 (7.0) - White | Android Jelly Bean v4.1, 3G+WiFi, Call+SMS, Dual Core 1.2 GHz | 3.15 MP | 16 GB

Rp 1.990.000
Samsung Galaxy Tab 2 (7.0) WiFi Only - White | Android Ice Cream Sandwich, Dual Core, 8 GB

Rp 1.009.000

Rp 10.199.000
Apple iPhone 5 16 GB - Black/Slate (TELKOMSEL) | Apple A6 Dual Core 1.2 GHz, Apple iOS 6, Layar 4 inch, Dual Camera 8 MP + 1.2 MP
Rp 8.799.000
Apple iPhone 5 64 GB - Black/Slate (TELKOMSEL) | Apple A6 Dual Core 1.2 GHz, Apple iOS 6, Layar 4 inch, Dual Camera 8 MP + 1.2 MP
Rp 11.499.000
Printer Canon - MF4820D Rp 1.550.000
Printer, Scanner, Copier & Fax - Brother MFC-J5910DW Rp 1.500.000
Printer Canon - L170 Rp 1.659.000
Printer Canon - MF4750 - Black Rp 2.179.000
Printer All in One Officejet HP - 7500A (C9309A)


Rp 2.349.000
Printer, Scanner, Copier & Fax - Brother MFC-J6710DW Rp 2.519.000
Printer Canon - MF4870DN - Black/White
Rp 5.179.000
Mesin Fotocopy Canon iR2016 Copy-Print Rp.4.500.000
Canon IR6020 Copy-Print-Scan Rp.17.000.000
Canon iR5020 Copy-Print-Scan Rp16.500.00
Canon iR5000 Copy-Print-Scan Rp.13.500.000
Canon iR5075 Copy-Print-Scan Rp.10.500.000
Canon iR5570 Copy-Print-Scan Rp.8.500.000

IBU HAYATI mengatakan...

Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI

Posting Komentar

 
informasi tempat wisata di lombok indonesia